irwantoshut.com
 
 


 
 
 



STRUKTUR VERTIKAL HUTAN
Stratifikasi Hutan Hujan Tropis

Irwanto, 2014

Di dalam ekositem hutan hujan tropis terjadi dinamika pertumbuhan seperti persaingan, stratifikasi, dan hubungan ketergantungan. Persaingan tersebut terjadi antara individu-individu dari sesama jenis ataupun dengan jenis yang berbeda namun mempunyai kebutuhan yang sama terhadap hara mineral tanah, air, cahaya dan ruang tumbuh. Dalam interaksi masyarakat tumbuh- tumbuhan pada komunitas hutan terbentuk Struktur Hutan secara Vertikal maupun secara Horisontal.


struktur hutan

Struktur Vertikal ekosistem hutan akibat persaingan membentuk Stratifikasi tajuk di dalam suatu komunitas tumbuhan. Stratifikasi yang terdapat pada hutan hujan tropis oleh Richards (1954) dibagi menjadi 5 stratum dari atas kebawah sebagai berikutt :

  • Stratum A (A-storey)  : Lapisan teratas, terdiri dari pohon-pohon yang tinggi totalnya 30 m keatas. Biasanya mempunyai tajuk diskontinu, batang pohon tinggi dan lurus, batang bebas cabang (clear bole) tinggi. Jenis-jenis pohon dari stratum ini pada waktu mudanya, tingkat semai hingga sapihan (seedling sampai sapling), perlu naungan sekedarnya, tetapi untuk pertumbuhan selanjutnya perlu cahaya yang cukup banyak.
  • Stratum B (B-storey) : Terdiri dari pohon-pohon yang tingginya 20-30 m, tajuknya kontinyu, batang pohon bisanya banyak bercabang, batang bebas cabang tidak terlalu tinggi. Jenis-jenis pohon dari stratum ini kurang memerlukan cahaya atau tahan naungan (toleran).
  • Stratum C (C-storey) : Terdiri dari pohon-pohon yang tingginya 4-20 m, tajuknya kontinyu. Pohon-pohon dalam stratum ini rendah, kecil, banyak bercabang yang tersusun rapat. Pada stratum C, pepohonan berasosiasi dengan berbagai populasi efipit, tumbuhan memanjat dan parasit.

struktur hutan

Di samping ketiga strata pohon tersebut terdapat pula strata perdu-semak dan tumbuh- tumbuhan penutup tanah, yaitu :

  • Stratum D (D-storey) : Lapisan perdu dan semak. Tingginya 1-4 m. Pada stratum ini juga terdapat dan dibentuk  oleh spesies pohon yang masih muda atau masih dalam fase anakan (seedling). Terdapat palma-palma kecil, herba besar da paku-pakuan besar.
  • Stratum E (E–storey) : Lapisan tumbuh-tumbuhan penutup tanah (ground cover), tingginya 0-1 m.

Stratifikasi Hutan Hujan Tropis

Gambar. Stratifikasi Hutan Hujan Tropis

Namun perlu diperhatikan bahwa tidak selamanya struktur hutan tropis mempunyai 5 stratum tersebut karena terdapat perbedaan tempat tumbuh dan lingkungan. Bisa saja pada hutan alam itu hanya terdapat 4 stratum atau 3 stratum. Jadi setiap tempat mempunyai ciri khas dengan stratifikasi hutan yang berbeda. Untuk menentukan stratifikasi yang ada di suatu areal hutan perlu dipetakan dengan "Diagram Profil". Diagram Profil hutan dapat menjelaskan jenis-jenis yang dominan menguasai tajuk teratas maupun jenis yang berkembang dalam naungan pohon yang besar.

Stratifikasi Struktur Hutan

Gambar. Diagram Profil Hutan Tropis


Artikel Terkait :

 

POHON POHON



HOME
PENELITIAN
PAPER / ARTIKEL
KULIAH KEHUTANAN
PERJALANAN
DIARY
GALERI PHOTO
INFO SEPUTAR HUTAN
PROSIDING NFP
KESEHATAN TUBUH
KOTA AMBON
UNIVERSITAS PATTIMURA
TIPS MAHASISWA
BIODATA IRWANTO
PHOTO PRIBADI
FACEBOOK IRWANTO
 
email:
irwantoshut@gmail.com.
sms: 085716781854