irwantoshut.com
 
 



MANFAAT
POHON MANGGA

 

Pohon mangga yang besar kokoh dan kuat menghasikan banyak buah ketika musim berbuah tiba. Mangga adalah buah yang tumbuh pada daerah tropis di seluruh dunia. Buah berfungsi sebagai makanan oleh banyak orang di negara-negara tropis dan sering disebut "The king of tropical fruits" (raja buah-buahan tropis). Buah Mangga yang dimakan segar atau digunakan dalam makanan penutup, diawetkan, dan pembuatan beberapa produk makanan lainnya. Buah Mangga merupakan sumber vitamin A dan C serta sumber serat.
Buah Mangga sebagian besar berbentuk lonjong, oval, atau bulat. Ukuran panjangnya bervariasi sekitar 5 sampai 25 cm dan beratnya berkisar 60 gram sampai 2,3 kilogram.

BUAH MANGGA

Fotosintesis
Gambar Fauna Satwa Indonesia
Gambar Pohon - Pohon Unik
Gambar Pohon - Pohon
Kuliah Ekologi Umum
Kuliah Biologi Umum
Perbaikan Kesuburan Tanah Oleh Agroforestri

Buah Mangga memiliki kulit halus agak keras yang membungkus daging buah, berwarna kuning atau oranye dan kulit biji bagian dalam yang keras. Kulit Mangga berwarna hijau, ungu, oranye, merah, dan kuning. Mangga banyak mengandung serat dalam daging buahnya, dan beberapa jenis buah mangga memiliki bau yang khas. Pohon mangga yang ditanam secara komersial memiliki daging buah yang lembut dan rasanya manis.

Buah mangga yang telah matang dan segar sering dibuat "jus" sebagai pelepas dahaga di saat haus dan pelengkap makanan di restaurant-restaurant.

Pohon mangga termasuk dalam jenis pohon daun lebar yang hijau sepanjang tahun, ukuran tinggi pertumbuhan sekitar 20 meter. Memiliki daun yang berbentuk panjang, tipis dan kecil, bunganya berwarna merah muda keputihan. Buah Mangga berkembang dari ovarium bunga dan mencapai proses pematangan sekitar lima bulan setelah berbunga.

MANGGA BERVITAMIN

Pohon Mangga pertama kali dibudidayakan sekitar 4.000 tahun yang lalu di India dan Kepulauan Melayu. Pada 1700 dan 1800-an, penjelajah Eropa membawa mangga dari India ke negara-negara tropis lainnya. Saat ini, petani membudidayakannya di Brazil, India, Meksiko, Filipina dan Indonesia.

MANGGA VITAMIN A DAN C

Pohon mangga bisa diperbanyak dan ditanam dengan menggunakan biji, dan cara pembiakan secara vegetatif biasanya menggunakan teknik cangkok. Cangkok adalah cara pembuatan tanaman baru dengan menggunakan cabang pohon yang dibungkus dengan tanah. Setelah beberapa bulan cabang yang dibungkus tanah sudah berakar kemudian cabang itu dipotong untuk dijadikan individu baru.

 

pohon mangga

 

Selain manfaat pohon mangga menghasilkan buah yang rasanya enak mengandung vitamin A dan C. Pohon mangga mempunyai daun yang rimbun sebagai peneduh membuat sejuk di sekitar rumah dan lingkungan menghasilkan oksigen untuk pernafasan manusia. Kumpulan akar pohon mangga yang kuat mencengkram tanah memberikan perlindungan terhadap tanah dari bahaya erosi dan tanah longsor.

Di bawah ini ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari buah mangga yang rasanya enak dan manis :

1. Sumber Vitamin A dan C yang tinggi.
Buah mangga merupakan sumber beta-karoten. Beta-karoten didalam tubuh akan dirubah menjadi vitamin A. Vitamin A sangat penting untuk mata yaitu memperkuat fungsi retina. Kandungan vitamin C mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian mangga masak yang dapat dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg, mangga muda bahkan hingga 65 mg. Beta-karoten dan vitamin C juga tergolong dalam zat antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas.

2. Sumber Vitamin B3 dan B-kompleks.
Vitamin B3 dan B-kompleks memperkuat rambut. Enzim magniferin, mempercantik kulit dan berfungsi untuk melawan kanker.

3. Sumber Kalium.
Mangga mengandung Kalium dan tiap 100 gram mangga mengandung kalium sebesar 189 mg. Dengan mengkonsumsi sebuah mangga harum manis ukuran sangat kecil (minimal 250 gram), atau sebuah mangga gedong ukuran sedang (200-250 g), kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi.

4. Mengandung Serat dan Enzim Pencernaan
Mangga menggandung serat dan memiliki enzim pencernaan yang dapat membantu pemecahan protein serta membantu proses pencernaan.

5. Mengandung Glutamin.
Glutamin terdapat di dalam buah mangga. Glutamin ini merupakan senyawa yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan memori.

6. Mengandung Senyawa Phenolic.
Senyawa phenolic dan beberapa enzim dalam mangga juga berguna sebagai obat anti kanker. Phenol dan enzim dalam mangga berguna untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, mengontrol diabetes dan meningkatkan sistem imun tubuh.

7. Mengandung Triptofan.
Mangga efektif dalam mengurangi penyumbatan pori-pori. Memiliki anti oksidan yang tinggi dan rendah karbohidrat. Buah ini mengandung banyak triptofan, yang membantu pembentukan serotonin yang memproduksi hormon pemacu kebahagiaan.

8. Mengandung Zat Besi.
Mangga mengandung zat besi. Wanita hamil dan penderita anemia dianjurkan untuk mengkonsumsi mangga.

9. Kulit Mangga Kaya AHA.
Selain daging buahnya, kulit mangga juga kaya akan AHA (alpha hydroxyl acid) dan bisa digunakan untuk meremajakan kulit.

Demikianlah pohon mangga yang menghasilkan buah dan bermanfaat bagi kehidupan kita.

JUAL BIBIT
MANGGA EMPEROR
JUAL BIBIT
MANGGA IRWIN
Mangga Emperor jual mangga irwin


POHON POHON



HOME
PENELITIAN
PAPER / ARTIKEL
KULIAH KEHUTANAN
PERJALANAN
DIARY
GALERI PHOTO
INFO SEPUTAR HUTAN
PROSIDING NFP
KESEHATAN TUBUH
KOTA AMBON
UNIVERSITAS PATTIMURA
TIPS MAHASISWA
BIODATA IRWANTO
PHOTO PRIBADI
FACEBOOK IRWANTO
BUKU TAMU
 
 
 
email:
irwantoshut@gmail.com.
sms: 085716781854