irwantoshut.com
 


 
 

 



PRODUKSI MADU, PROPOLIS DAN ROTI LEBAH TANPA SENGAT ,
(Trigona spp) DALAM SARANG BAMBU

E. Manuhuwa, M. Loiwatu, J.S.A. Lamberkabel dan Iqro Rumaf
E-mail: elli_manuhuwa@yahoo.co.id

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis dan diameter bambu sebagai sarang lebah Trigona spp terhadap jumlah madu, propolis dan bee bread (roti lebah) yang dihasilkan. Tiga jenis bambu yaitu bambu petung (Dendrocalamus asper), bambu duri (Bambusa blumeana) dan bambu sero (Schizostachium brachycladum) sebagai sarang buatan lebah Trigona spp. Jumlah madu, propolis dan roti lebah diuji secara statistik menggunakan Rancangan Acak Lengkap 2 (dua) faktor dan 3 (tiga) ulangan. Hasil penelitian menunjukkan jenis dan diameter bambu tidak berpengaruh terhadap jumlah madu. Diameter bambu perpengaruh terhadap jumlah propolis. Jenis dan diameter bambu berpengaruh terhadap jumlah bee bread (roti lebah). Produksi madu sebanyak 5,1 gr – 27,9 gr; propolis sebanyak 7 gr – 22,3 gr dan bee bread (roti lebah)sebesar 3,5 gr – 20,1 gr.

Kata Kunci : Trigona spp, Madu, Bee Propolis, Bee Bread





lebah madu sarang bambu

Lebah Trigona spp yang hidup menggunakan media bambu dapat memproduksi madu dengan kisaran antara 5,1 – 27,9 gr selama 111 hari. Produksi lebah terendah terdapat pada jenis bambu petong (Dendrocalamus asper) dengan kelas diameter 6 – 9 cm(a2b2) sebesar 8,5 gr sedangkan tertinggi terdapat pada perlakuan jenis bambu Bambu Duri (Bambusa bambos (L) Voss)dengan kelas diameter 11-14 cm (a3b1) sebesar 16,9 gr. Lebah sangat peka terhadap sarang yang digunakan sebagai media tempat produksi baik jenis bambu maupun kelas diameter. Bambu duri memiliki ketebalan dinding yang lebih tebal jika dibandingkan dengan kedua jenis bambu lainnya.Dinding yang tebal membuat lebah lebih aktif dalam memproduksi madu dan aktifitas lainnya.Di dalam rongga bambu atau media sarang lainnya maupun lingkungan lokasi sekitar yang digunakan sebagai aktivitas produksi lebah sangat dipengaruhi oleh suhu. Mahani, Karim dan Nujan (2011), tidak sembarang lokasi disukai lebah Trigona spp. Umumnya, lebah Trigona menyukai daerah dengan suhu 26-34°C, baik suhu di luar maupun suhu didalam ruangan. Pada suhu di bawah 10°C, lebah tidak bisa terbang. Sebaliknya, pada suhu lebih tinggi, lebah merasa tidak nyaman sehingga mereka lebih agresif.Didalam sarang bambu, lebah beraktivitas untuk melakukan pembuatan sisiran sarang dengan komponen-komponennya, pemeliharaan telur, larva dan pupa, penyediaan makanan ratu dan jantan, menyisir dan merawat ratu, mempertahankan koloni terhadap serangan musuh, mengatur temoperatur dan kelembapan dalam sarang, mematangkan dan menyimpan madu.Diluar sarang bambu, lebah trigona beraktivitas untuk mencari makan dan bahan untuk membangun sarang, (Sihombing, 2005)

Kesimpulan

  1. Total produksi madu selama penelitian sebesar 231,69 gr, bee propolis sebesar 225 gr dan bee bread sebesar 151,7 gr.
  2. Jumlah produksi madu berkisar antara 5,1 gr - 27,9 gr; bee propolis berkisar antara 7,0 gr - 22,3 gr sedangkan bee bread berkisar antara 3,5 gr - 21,3 gr.
  3. Produksi madu tertinggi dihasilkan oleh bambu duri diameter kecil sebesar 50,9 gr, terendah oleh bambu petong diameter kecil sebesar 25,7 gr.
  4. Produksi bee propolis tertinggi dihasilkan oleh bambu duri diameter kecil sebesar44,3 gr, terendah oleh bambu duri diameter besar sebesar 29,7 gr.
  5. Produksi bee bread tertinggi oleh bambu duri diameter kecil sebesar 20,37 gr, terendah oleh bambu petong diameter besar sebesar 12,3 gr.
  6. Jenis dan diameter bambu tidak berpengaruh terhadap jumlah produksi madu dan bee propolis sedangkan berpengaruh sangat nyata terhadap produksi bee bread.

Download File Lengkap PDF >>>

 

HOME
GLOBAL WARMING
INDONESIA FOREST
INDONESIA BIODIVERSITY
CDM IN INDONESIA
MANGROVE FOREST
FOREST AND ECOLOGY
KIND OF CONSERVATION
KIND OF BIODIVERSITY
HOW PLANTS GROW
THE IMPORTANCE OF TREES
HEALTHY BODY
INVEST IN SERAM
FOREX TRADING
MAKING LOANS
MORTGAGE
PENELITIAN
PAPER / ARTIKEL
KULIAH KEHUTANAN
PERJALANAN
DIARY
GALERI PHOTO
POTRET SUKU ASLI
INFO SEPUTAR HUTAN
PROSIDING NFP
KESEHATAN TUBUH
KOTA AMBON
TIPS MAHASISWA
BIODATA IRWANTO
PHOTO PRIBADI
FACEBOOK IRWANTO
 
 
email:
irwantoshut@gmail.com.
sms: 085716781854