irwantoshut.com
 
Importance of Trees Penelitian Paper/Artikel Kuliah Importance of Forest
 





MANFAAT DAN
FUNGSI AKAR

 

 

Akar merupakan bagian penting tanaman yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan kehidupan tanaman. Akar termasuk organ vegetatif dari tanaman, selain batang dan daun.

Ada tiga fungsi akar yang penting bagi tanaman yaitu :

Pertama; akar sebagai jangkar yang membantu tanaman berdiri kokoh di atas tanah. Akar tanaman menancap sampai ke dalam tanah dan memperkuat tanaman dari tiupan angin yang kencang sehingga tidak roboh. Sistem perakaran tanaman ada yang berkembang secara vertikal masuk ke dalam tanah tetapi ada juga yang berkembang secara horisontal menyebar ke permukaan tanah.

akar tanaman

Fotosintesis
Gambar Fauna Satwa Indonesia
Gambar Pohon - Pohon Unik
Gambar Pohon - Pohon
Kuliah Ekologi Umum
Kuliah Biologi Umum
Perbaikan Kesuburan Tanah Oleh Agroforestri

Fungsi akar yang kedua adalah sebagai alat absorsi atau penyerapan unsur hara dari dalam tanah. Tanaman menyerap kebutuhannya termasuk air dengan menggunakan akar yang menyebar di dalam tanah. Akar-akar primer, sekunder dan tertier tanaman tersebar sampai akar-akar yang kecil disebut rambut akar. Pada ujung-ujung akar terdapat tudung akar yang membantu proses absorsi.

Fungsi yang ketiga adalah sebagai tempat penyimpang cadangan makanan. Dalam akar tanaman terdapat sel dan jaringan parenkim sebagai tempat menyimpan hasil fotosintesis berupa karbohidrat. Tanaman yang mempunyai cadangan makanan pada akar seperti singkong, ubi-ubian, wortel, kentang dan masih banyak lagi tanaman-tanaman sejenis.

akar tanaman

 

Akar pertama kali berkembang dari benih adalah akar primer. Akar primer menghasilkan banyak cabang yang disebut akar sekunder. Akar sekunder menghasilkan cabang-cabang mereka sendiri. Ada dua jenis utama dari sistem akar, tunggang dan serabut. Dalam sistem perakaran tunggang, akar primer tumbuh lurus ke bawah dan disebut akar tunggang.

Akar tunggang tetap lebih besar daripada akar sekunder sepanjang kehidupan tanaman. Pada beberapa tanaman, termasuk bit dan wortel, akar tunggang menjadi besar (membengkak).

Rumput adalah contoh dari tanaman dengan sistem perakaran serabut. Dalam sistem seperti ini, akar primer tidak berkembang lebih besar dari yang lain. Banyak akar sekunder tipis tumbuh di ke segala arah. Sebuah sistem akar serabut dapat berkembang sangat luas. Misalnya, akar tanaman gandum mungkin memiliki panjang gabungan sekitar 380 mil (612 kilometer).

akar tanaman

Beberapa tanaman memiliki akar modifikasi untuk melakukan fungsi khusus. Akar yang tumbuh dari akar primer atau cabang-cabang yang disebut akar adventif. Akar-akar ini termasuk akar jagung dan tanaman tertentu lainnya. Akar penyangga tumbuh ke dalam tanah dari bagian bawah batang dan membantu menahan tanaman melawan angin. Beberapa spesies anggrek dan tumbuhan lainnya yang hidup di cabang-cabang pohon mengeluarkan akar nafas, yang melekat pada cabang-cabang. Akar nafas menyerap air dan mineral dari permukaan pohon dan dari udara. Benalu adalah salah satu dari beberapa tanaman dengan akar yang menembus bagian tubuh pohon. Akar-akar, disebut pencekik, menyerap makanan, air, dan mineral langsung dari pohon.

Selanjutnya : Bentuk dan Tipe Sistem Perakaran >>> dan Definisi Akar Tumbuhan dan Ciri-Cirinya >>>

POHON POHON


SISTEM PERAKARAN

 

 


HOME
GLOBAL WARMING
INDONESIA FOREST
INDONESIA BIODIVERSITY
CDM IN INDONESIA
MANGROVE FOREST
THE IMPORTANCE OF TREES
FOREST AND ECOLOGY
KIND OF CONSERVATION
KIND OF BIODIVERSITY
HOW PLANTS GROW
FOREST PICTURES
PENELITIAN
PAPER / ARTIKEL
KULIAH KEHUTANAN
PERJALANAN
DIARY
GALERI PHOTO
INFO SEPUTAR HUTAN
PROSIDING NFP
KESEHATAN TUBUH
KOTA AMBON
UNIVERSITAS PATTIMURA
TIPS MAHASISWA
BIODATA IRWANTO
PHOTO PRIBADI
FACEBOOK IRWANTO
BUKU TAMU
 
 
 
email:
irwantoshut@gmail.com.
sms: 085716781854