irwantoshut.com
 


 
 
 

 


 

Pohon Buah Rao - Dracontomelon dao (Blanco) Merr. & Rofle

Irwanto, 2009

 

Pohon Buah Rao atau nama ilmiahnya Dracontomelon dao termasuk dalam famili Anacardiaceae. Selain itu jenis ini sering juga dikenal dengan nama dahu, sengkuang (Kalimantan), dan basuong (Papua).
Pohon jenis tumbuh tersebar pada hutan dataran rendah di Pulau Seram, namun ketinggian 500 – 1000 m sudah jarang ditemukan. Jenis ini dapat tumbuh pada drainase tanah yang baik sampai yang buruk, terutama pada tanah alluvial dan areal rawa.

Perbanyakan tanaman biasa menggunakan biji. Di dalam satu kg terdapat 520 – 620 biji atau 70 buah segar. Pohon Dracontomelon dao mencapai tinggi 3 – 4 meter setelah 2 tahun dan 6,5 meter setelah 5,5 tahun. Di lapangan tinggi pohon mencapai 55 m dengan batang bebas cabang setinggi 25 m dan diameter mencapai 150 cm.

parts of plants

Kayu buah rao (Dracontomelon dao) termasuk dalam kayu perdagangan. Dapat ditanam sebagai ornament di kiri kanan jalan. Buahnya dapat dimakan dengan rasa yang manis bila sudah matang. Pemanfaatan lokal di Papua Nugini, daun dan bunga dimasak kemudian dimakan sebagai sayur. Sedangkan di Maluku dipergunakan sebagai penyedap makanan. Kulit batang dapat digunakan sebagai obat tradisonal untuk menyembuhkan disentri.

Sebagai kayu perdagangan Dracontomelon dao dapat dijadikan hutan tanaman dan dipergunakan untuk kombinasi tanaman agroforestri karena sifatnya yang tahan terhadap naungan. Semai dapat ditanam tanpa memerlukan perlakukan khusus di lapangan. Percobaan pembuatan hutan tanaman di Jawa, benih ditaburkan langsung di lapangan dengan jarak 1 x 3 m. Hasil setelah 15 tahun penanaman menunjukkan penambahan volume tiap tahun sebesar 5,4 m3 / ha. Di pasaran international nilai kayunya mencapai US $ 200 / m3, sedangkan kayu gergajian US $ 80 / m3 dan kualitas kayu yang baik mencapai 140 / m3 .

Dracontomelon dao dapat memberikan penghasilan tambahan kepada masyarakat bila dikelola dengan baik. Bukan saja setelah tanaman ini tumbuh menjadi pohon dan kayunya bernilai komersil tetapi juga usaha perbenihan dan pembibitannya pun dapat meningkatan pendapatan masyarakat.

Peluang usaha ini dimanfaatkan oleh Kelompok Tani Amalue Desa Hatusua, Kab. Seram Barat- Provinsi Maluku yang berdiri sejak tahun 2004 dengan jumlah personil sekitar 20 orang. Hasil seleksi benih Dracontomelon dao dari pohon yang memenuhi persyaratan di hutan alam, membuat kelompok Tani ini dapat menyediakan permintaan akan benih Dracontomelon dao. Permintaan benih datang dari beberapa tempat di luar Maluku bahkan ada permintaan juga dari Negara tetangga Malaysia.

Kelompok tani Amalue selain menyediakan benih pohon buah Rao (Dracontomelon dao), terdapat juga jenis-jenis endemik lain seperti kayu besi (Intsia bijiga), kayu besi pantai (Pongamia pinnata), Salawaku/Sengon (Paraserianthes falctaria) dan jenis komersil lainnya.

PUSTAKA :

Lemmens R.H.M.J, Soerianegara, I dan Wong,W.C. 1995. Plant Resources of South-East Asia. No. 5 (2). Timber Trees : Minor commercial timbers. Prosea Foundation, Bogor, Indonesia.

INFO JENIS TANAMAN POHON KEHUTANAN
 
Bintangur Pantai (Callophylum inophylum L ) Sumber Bahan Bakar Alternatif dan Manfaat Lainnya.
 
Kayu Besi Pantai (Pongamia pinnata (L.) Pierre) Tumbuhan Sumber Bahan Bakar Alternatif
 
Buah Rao - Dracontomelon dao (Blanco) Merr. & Rofle
 
Pengaruh perlakuan awal dan suhu simpan terhadap perkecambahan benih Merbau (Intsia bijuga O.K)
 
Usaha pengembangan Jati (Tectona grandis L.f)
 
Pengembangan tanaman Sukun
 
Penggunaan tanaman actinorhizal Casuarina equisetifolia L pada rehabilitasi lahan alang-alang dengan sistem Agroforestri
 
Pengembangan tanaman jarak (Jatropha curcas L) sebagai sumber bahan bakar alternatif
 
Penilaian kesehatan hutan tegakan Jati (Tectona grandis) dan Eucalyptus (Eucalyptus pellita) pada kawasan Hutan Wanagama I
 
Pengaruh perbedaan naungan terhadap pertumbuhan semai Shorea sp di persemaian
 
Hutan tanaman Shorea smithiana prospektif, sehat dan lestari
 
Budidaya Tanaman Kehutanan. Acacia mangium, Agathis spp, Aleurites moluccana, Cinnamomum porrectum, Eucalyptus, Gonystylus bancanus, Khaya anthotheca, Melia azedarach, Peronema canescens, Pinus merkusii, Santalum album, Swietenia, marophylla, Famili Dipterocarpaceae, Shorea spp, Shorea leprosula, Shorea selanica
 
Menyediakan Benih Tanaman Kehutanan

 

POHON POHON

 

 

HOME
PENELITIAN
PAPER / ARTIKEL
KULIAH KEHUTANAN
PERJALANAN
DIARY
GALERI PHOTO
INFO SEPUTAR HUTAN
PROSIDING NFP
KESEHATAN TUBUH
KOTA AMBON
TIPS MAHASISWA
BIODATA IRWANTO
PHOTO PRIBADI
FACEBOOK IRWANTO
 

 

email:

irwantoshut@gmail.com.